Breaking News
recent

Fakta di balik gerhana matahari total 9 Maret 2016


Gerhana Matahari Total

Fenomena alam berupa gerhana matahari total diprakirakan akan terjadi pada hari Rabu 9 Maret 2016 nanti. Fenomena alam langka tersebut bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia sekitar pukul 7.30 WIB. Yang menariknya adalah fenomena gerhana matahari total ini hanya bisa dinikmati 33 tahun sekali. Inilah beberapa fakta gerhana matahari total  9 Maret 2016 :


Terjadi hanya di Indonesia.

Gerhana matahari total ini sebenarnya bukan hanya di Indonesia saja. Namun ini hanya terjadi di Indonesia dimana daratannya yang dilalui fenomena ini. Selebihnya akan dialami di daerah samudera pasifik. Gerhana matahari total ini pas tepat dengan perayaan hari raya Nyepi umat Hindu di Bali bertepatan dengan bulan baru.

Pertama di Indonesia 

Gerhana matahari total kali ini merupakan yang pertama kali pada abad 21 dimana kali terakhir  terjadi di tanah air Indonesia  pada 11 Juni 1983 silam. 
Menurut penelitian, Indonesia akan  mengalami kembali Gerhana matahari   pada 2019 tapi hanya sebatas gerhana matahari cincin saja. Sementara nanti pada 20 April 2023, fenomena gerhana matahari total ini akan kembali dialami  tanah air.

Fenomena gerhana matahari ini adalah merupakan fenomena yang langka sehingga banyak para peneliti antariksa yang akan melakukan penelitian. Banyak para peneliti NASA dan LAPAN yang akan melakukan riset di wilayah Indonesia ini. Selain itu, fenomena ini juga sering dipakai guna membuktikan teori relativitas Einstein dimana suatu benda dapat membelokkan cahaya. Pada gerhana matahari total, bintang-bintang di sekitar matahari akan sedikit bergeser.

Bukan Fenomena Bahaya
Gerhana matahari total bukanlah  peristiwa yang berbahaya asal kita bisa memilih waktu yang tepat untuk melihat fenomena ini. Saat terjadinya gerhana matahari total, adalah saat yang tepat untuk melihat fenomena ini tanpa menggunakan kacamata. Namun yang perlu diingat adalah ketika peralihan dari fase total ke fase sebagian dimana bulan sudah mulai bergeser cahaya matahari yang  baru keluar meski sedikit namun sangat kuat. Hal ini bisa merusak retina mata kita.
Unknown

Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Diberdayakan oleh Blogger.